STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT HATNI (HASIL ALAM TANI NELAYAN INDONESIA) DI DESA TLOGOSADANG KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN JAWA TIMUR

Indra Anjang Sari, Harsuko Riniwati, Nuddin Harahab

Abstract


Penelitian strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualann pada PT.HATNI (Hasil Alam Tani Nelayan Indonesia) ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mempelajari : Bagaimana profil keadaan umum PT. HATNI, Mengidentifikasi dan Menganalisis faktor internal dan eksternal perusahaan, Mengetahui dan Strategi pemasaran yang digunakan oleh PT. HATNI, Menyusun strategi pemasaran alternative untuk digunakan oleh PT.HATNI. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode Focused Group Discussion (FGD), Alanisis IFAS (Internal Strategic Factors Summary) dan EFAS (External Strategic Factors Analysis Summary), Analisis SWOT dan diagram SWOT. Dari penelitian ini dapat di ketahui bahwa PT. PT. HATNI merupakan   perusahaan  pembekuan ikan yang berskala internasional Produk ungulan PT. HATNI adalah ikan kuniran. Faktor internal yang menjadi kekuatan yaitu produk bervariasi, lokasi strategis, hubungan baik dengan pemasok bahan baku, harga kompetitif. Yang menjadi kelemahan yaitu tingkat pendidikan karyawan, kurangnya promosi peralatan mesin masih sederhana, kualitas produk dan belum memiliki perencanaan pemasaran secara tertulis. Faktor eksternal yang menjadi peluang yaitu permintaan pasar, potensi sumberdaya alam, dukungan pemerintah, perkembangan teknologi informasi dan perubahan pola konsumen. yang menjadi ancaman adalah persaingan usaha sejenis, perubahan musim, dapat beralihnya konsumen, kondisi harga BBM dan informasi teknologi terbatas. Strategi pemasaran yang dijalankan oleh PT. HATNI menggunakan sistem kontrak. perhitungan matrik EFAS sebesar 0,50 dan matrik IFAS sebesar 1,45 yang kemudian digambarkan dalam analisis SWOT, maka dapat diketahui posisi PT. HATNI berada pada kuadran I. Hal ini menunjukan bahwa perusahaan mengunakan kekuatan untuk memanfaan peluang yang ada untuk mencapai tujuan perusahaan. Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT, maka alternatif strategi yang dapat diperoleh adalah sebagai berikut: Strategi Perluasan Pasar, Strategi Diferensiasi Produk , Strategi Pemanfaatan suberdaya perusahaan yang ada, Strategi peningkatan Promosi, Strategi Peningkatan Kerjasama,  Strategi perbaikan  aliran  kerja perusahaan.

Kata kunci : Strategi pemasaran, Analisis IFAS dan EFAS, Analisis SWOT

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.